MANDAKALA

A Simple Woman With Complicated Mind

Essay Dan Proposal Beasiswa Unggulan

Contoh essay dan proposal bisa langsung di download dibawah kalau kalian buru-buru. Judul dibuat untuk memudahkan para pencari informasi, sementara paragraf berikut ini isinya hanya drama. Skip aja.

2016 adalah tahun dimana aku benar-benar me-reset semua rencana hidupku. Niat awal, aku ingin segera kuliah lagi setelah wisuda. Tapi berkali-kali gagal dapat beasiswa. Aku frustasi, aku pendam sendiri karena aku tau banyak orang yang melihatku dari belakang dengan tatapan optimis. Dikiranya seorang aku pasti akan baik-baik saja. Padahal bulan April 2016 adalah titik paling rendah di hidupku, hari-hari dimana aku merasa begitu lemah. Aku lelah, tapi tidak benar-benar patah. Aku tidak lagi berharap beasiswa dan mulai berfikir untuk melanjutkan kuliah dengan biaya mandiri. Jadi begitu diterima kerja di shift malamnya Sale Stock, aku minta ijin sama orang tuaku, bilang aku mungkin bakal merepotkan mereka, janji aku bakal kerja keras dan akan tetap kuliah lagi bagaimanapun caranya. Ini juga salah satu alasan kenapa aku ambil kerja shift malam, karena aku tau perkara kuliah lagi cuma masalah waktu.
Aku akan kuliah lagi. Bagaimana pun caranya.

*

Aku benar-benar nekat daftar kuliah lewat jalur mandiri. SPP 9 juta per semester. Gilakk, naik 1 juta dari tahun sebelumnya. Kalian gak akan bisa bayangkan gimana payahnya aku atur keuanganku. Lalu datanglah peluang Beasiswa Unggulan (BU) dari Kemendikbud itu. Aku pernah dengar soal beasiswa ini. Seingatku beasiswa ini ditujukan untuk mereka yang punya prestasi dan penghargaan olimpiade. Karena itu dulu aku sama sekali tidak melirik yang satu ini. Ternyata beasiswa ini punya beberapa kelebihan yang mungkin akan sulit kamu temukan di beasiswa lain.

Pertama, BU punya program beasiswa masyarakat berprestasi. Artinya kamu tidak harus punya medali olimpiade. Sertifikat penghargaan yang aku daftarkan jumlahnya ada 3. Salah satunya adalah sertifikat “ucapan terimakasih” karena sudah jadi Pimpinan Litbang di LPM jaman kuliah dulu. Hari verifikasi dokumen asli adalah hari dimana aku benci sekali sama Upik–orang yang bertanggung jawab bikin desain sertifikatku keliatan kayak poster menu di warung mie ayam.

Kedua, BU bukan hanya untuk mahasiswa baru. Kalau kamu mahasiswa on-going, kamu bisa daftar beasiswa ini–maksimal semester 3. Dan ketiga, BU terbuka untuk semua jenjang pendidikan tinggi (S1, S2 dan S3). Semua persyaratan, ketentuan dan FAQ bisa kamu baca di web resmi Beasiswa Unggulan. Singkat cerita, aku dapat beasiswa ini. Tepat saat aku mulai menyerah untuk mengejar beasiswa lagi. Mungkin karena itu orang bilang: Tuhan memang Maha Bercanda.

*

Banyak tulisan tentang tips dan rincian kronologis untuk mendaftar beasiswa BU kalau kamu googling. Karena itu kamu bisa cari referensi lain kalau mau berusaha. Disini aku cuma bakal kasih contoh essay dan proposal study plan. Dua elemen ini adalah masalah utama yang aku rasa selama proses pendaftaran administrasi dulu, jadi semoga ini bisa sedikit bantu kalian. Essay dan proposal aku buat sinkron/saling berhubungan. Aku berusaha membuat keduanya saling menguatkan. Kenapa? Buat jaga-jaga aja supaya memudahkan aku kasih penjelasan saat sesi wawancara.

Pertama, essay. Karena tema besar essay yang ditentukan oleh beasiswa unggulan adalah “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Indonesia”, rata-rata contoh essay yang bisa aku temukan saat itu cenderung menjelaskan bagaimana seseorang layak disebut generasi unggul dengan menjabarkan prestasi masing-masing. Membaca essay dengan karakter seperti itu bikin aku minder seperempat mati. Aku gak bisa menulis dengan tipe yang sama karena aku gak punya prestasi yang menonjol. Aku bukan juara olimpiade dan aku gak punya pengalaman jadi wakil konferensi pemuda di luar negeri. Karena itu aku cari cara lain. Esaiku tidak bicara soal prestasi. Aku menawarkan tulisan yang berusaha menunjukkan latar belakang kenapa aku harus kuliah lagi, menunjukkan masalah yang aku lihat dan dengan cara apa aku ingin cari solusinya. Esaiku berusaha menunjukkan bahwa aku tau apa yang ingin aku lakukan dan seberapa jauh aku memahami bidang studiku.

Kedua, proposal. Ini sebenarnya bekas proposal beasiswa lain yang aku rombak supaya jadi lebih sederhana dan mudah dibaca. Aku pangkas bagian biaya hidup dan hanya menyisakan biaya studi dan buku, karena untuk biaya hidup sudah ditentukan oleh BU. Aku perkuat bagian pengenalan program studiku–biar gak sia-sia hasil stalking website CRCS. Tapi website prodiku memang punya peranan penting disini. Semua informasi terkait mata kuliah, student handbook, SKS dan semua yang ekstra-ekstra sudah lengkap tampil di website dan itu memudahkan aku menyusun proposal ini. Tujuan utamanya supaya sponsor tahu, kalau aku gak asal-asalan milih jurusan. Kalau prodi tujuanmu kurang kuat di publikasi atau websitenya, kamu bisa hubungi bagian administrasi prodi tujuanmu untuk tahu info lebih lanjut.

Aku gak punya tips khusus. Sedikit saran, persiapkan toefl dari jauh-jauh hari. Aku sempat kesulitan untuk booking jadwal tes TOEFL di Jogja karena sepertinya semua orang butuh sertifikat TOEFL ITP. Jadi aku terpaksa tes TOEFL di Solo. Selain itu kalian butuh doa. Tentu saja kalau kalian masih percaya sama eksistensi Tuhan, hal terbaik adalah menyerahkan segala keputusan padaNya. Kalau ada yang aku syukuri dari keputusanku untuk tinggal sendiri di kota ini, itu adalah karena disini aku benar-benar bergantung sama Tuhan.

Udah ah. Goodluck yaa~
Kalian bisa download Essay dan Proposalku dibawah ini. Ada tulisan lain yang kutulis juga disini. Doaku bersama kalian yang hampir patah tapi menguatkan diri untuk tidak menyerah.

***

ESSAY BU

PROPOSAL BU

40 Comments

  1. jelek bgt essay sm proposalnya, koq bisa dierima beasiswa ya? berarti kualitas kampusnya gak muu kalik ya…

    • Manda

      April 7, 2018 at 11:08 am

      Iya kayaknya. Ckckck

      Semoga kamu dapat kampus dan beasiswa yang lebih baik ya.

      • Assalamualaikum. Kak boleh minta nomor pribadi atau email?
        Kak mau tanya, ini beasiswa hanya untuk yang SUDAH diterima di Universitas?

        • Manda

          April 16, 2018 at 8:38 pm

          Email ada di web profil.
          Tahun lalu syarat utamanya punya LOA (Letter of acceptance) yang artinya emang harus diterima dulu di sebuah univ. Tapi kalau tahun ini kurang tau nih.

    • wah wah wah, mungkin Salentinus calon generasi unggul.

      Generasi unggul pilihan cebong

  2. Beli nilai toefl itp disolo kan jugak gampang? no probleeem, praktek kayak gituan yg lain jugak banyak kok. beruntunglah manusia penuh kbruntungan. Slamat;;;;;

    • Manda

      April 7, 2018 at 11:06 am

      Terimakasih.
      Silahkan lho kalo mau coba beli nilai TOEFL dan ngorbanin kredibilitas sbg akademisi.
      Aku 3x tes baru bisa dapat nilai yg aku mau. Sekali tes 500k.
      Beruntung?
      Ya Iyalahh!! Keberuntungan memang hanya untuk orang2 yg mau berkorban.

  3. Boleh bertemu belajar & sharing tips-tipss ampuhnya byar lolos test beasiswa BU kakak cantikkkkkk^,^

  4. kakak cantikkkk

  5. kakak cantikkkk sharing2 tipsnya donk

  6. Whoaa. Kind of angles💞. Terimakasih banyak contoh esai dan proposalnya kak.

  7. Makasih kak contoh papernya..
    Insya Allah sangat membantu dan do’akan saya semoga Allah memberikan keberuntungan seperti kakak, dan menjadi salah satu penerima beasiswa unggulan ini.. Aamiin

  8. Terimakasih kak 🙏 semoga kemudahan selalu menyertai langkah kakak

  9. I am now not certain the place you’re getting your info, however good topic. I needs to spend some time learning more or figuring out more. Thank you for magnificent info I was on the lookout for this information for my mission. dagdgcekdkge

  10. assalamualaikum, maaf sebelumnya saya komen.
    semoga essai dapat membantu saya dalam mendaftar beasiswa unggulan ini kak. semoga saya bisa menjadi salah satu yang lolos dalam beasiswa ini

  11. Masya Allah, terima kasih sudah mau membagikan pengalaman dan contoh paper nya kak, sangat membantu🙏Semoga Allah membalas kemurahan hati kakak😇

  12. Ka jurusan saya itu baru jadi ga ada di pilihan jurusan.. Itu gimana ya.. Apa saya ga bisa lolos padahal univ saya negeri dan akreditasi nya A

    • Manda

      July 29, 2018 at 5:40 pm

      Maksudnya gak ada di pilihan jurusan? Memang jurusan apa? Mungkin maksudnya gak sesuai dengan pilihan prioritas.

      Tolong via email saja. Aku gak setiap hari buka blog soalnya. :p

  13. Kak minta emailnya,btuh informasi banyak dari kaka 🙏

  14. Sitri Wuryanti

    July 15, 2019 at 2:15 pm

    Terimakasih banyak sudah menulis dan berbagi tulisan ini, mbak 🙂
    saya sedang dalam persiapan untuk mendaftar BU 2019 ini..

  15. Nama saya wandi gunawan, salam kenal ka, tetima kasih sangat membantu, semoga menjadi amal ibadah untuk kaka

  16. Mohon maaf kak, kalo boleh nanya kakak kuliah jurusan apa ya? dan apakah essay kita ini harus berhubungan dengan kemampuan kita lalu dikaitkan dengan apa keuntungannya kemampuan kita pada jurusan tersebut. terimakasih kak, sangat membantu hehe

    • Manda

      July 24, 2019 at 10:56 pm

      S2 Studi Agama dan Lintas Budaya. Bukan harus atau gak harus sih. Essay kan dari BU cuma ngasih tema, sementara untuk bagaimana mengembangkannya diserahkan ke masing-masing peserta. Kalau cara saya sih seperti itu, supaya sinkron antara essay dan proposalnya.

  17. Terimakasih kak contoh essay dan proposalnya…mohon izin untuk memakai format proposalnya sebagai acuan ya kak… terimakasih kak jazakillah khairan

  18. Kak, untuk essay BU itu isinya bukan tentang menjelaskan diri kita dan aktifitas kita sehari-hari ya?

  19. Kak boleh konsultasi gak?

  20. Mohon izin untuk memakai format proposalnya sebagai acuan ya kak… Kak jazakillah khairann:)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

© 2020 MANDAKALA

Theme by Anders NorenUp ↑